LANGSUNG CHAT WA

29 Tempat Wisata Dieng (Banyak Yang GRATIS - an)

Tempat wisata populer di Dieng
Tempat Wisata
Rp,-
Dieng merupakan salah satu desa wisata yang berada di kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara. Terdapat banyak sekali tempat wisata di desa Dieng. Destinasi disini juga sudah di lakukan pengelolaan dengan baik terbukti dengan administrasi dan konsistensi yang baik pula. Contoh saja untuk area Telaga Warna, Dieng Theater, Dieng Park, Batu Pandang Ratapan Angin, Sikunir masuk kedalam administrasi kabupaten kota Wonosobo. Sedangkan untuk area Candi Arjuna dan Kawah Sikidang masuk kedalam administrasi kabupaten kota Banjarnegara.

Pembagian Zonasi (Zona 1 - 2- 3)
Di daerah Dieng sendiri juga sudah dibagi zonasi untuk area pertanian, perhutani, pemukiman, dan juga zona pariwisata. Kesempatan kali ini kami selaku biro tour lokal Dieng akan memberkan informasi mengenai zonasi yang berhubungan dengan pariwisata.

Terdapat setidaknya 3 zona pembagian area untuk destinasi tempat wisata. yaitu Zona 1 - Zona 2 - Zona 3. Bagi kalian yang ingin tau lebih lanjut mengenai apa saja tempat wisata Dieng yang biasa dikunjungi, mana yang gratis dan mana yang memiliki HTM / harga tiket masuk, bisa kalian simak mengenai 29 tempat wisata Dieng dibawah ini:

Kami telah megurutkan sesuai dengan rute dan lokasinya. Sebelumnya perlu diketahui juga alur yang kami pakai adalah jalur yang lewat dari kota Wonosobo. Jadi contoh saja rombongan anda membawa bus besar maka bus besar itu harus transit di kota Wonosobo dan oper menggunakan shuttle lokal Dieng yang banyak tersedia disini.

Langsung saja berikut adalah 29 Tempat Wisata Dieng/ Wonosobo yang paling rekomended :

Destinasi wisata di Dieng yang Terkenal

1. Kolam Renang Kalianget Wonosobo
Tempat Wisata Kolam renang ini berupakan satu-satunya kolam yang memiliki air hangat / air belerang alami didalamnya. Terdapat beberapa tipe diantaranya dalam ruangan dan juga kolam terbuka. Kolam Renang Kalianget dikelolah oleh pemda Wonosobo. Memiliki tempat parkir sangat luas yang mana bisa juga digunakan sebagai tempat transit bus besar menuju shuttle Dieng. selain air hangat ada juga water boom mini dan kolam renang untuk dewasa namun berisikan air dingin. Air dingin disini juga asli langsung dari sumber mata air, jadi tidak memakai kaporit.

Alamat kolam renang berada di Jalan Dieng No. 114, Kelurahan Kalianget, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Jika ditempuh dari alun-alun Wonosobo hanya sekitar 10 menit saja.

Jam buka taman rekreasi kalianget yaitu Senin hingga Jumat pukul 07.30 dan tutup pukul 17.00 WIB. Sedangkan Weeken sabtu minggu buka pukul 07.00 tutup pukul 17.00 WIB.

Rekomendasi waktu kunjungan ke kolam ini yaitu dibagi menjadi 2 bagian. Jika anda ingin masuk ke kolam air dingin maka bisa dilakukan siang hari, karena air disini sangat dingin. Sedangkan jika anda ingin masuk kolam air hangat maka bisa dilakukan pagi atau sore hari. Jika anda ingin masuk ke ruangan yang kamaran bisa dilakukan setiap saat.

Harga Tiket Taman Rekreasi Kalianget
- Retribusi awal = Rp2.000,-
- Masuk kolam renang air dingin = Rp7.000,-
- Masuk kolam renang air hangat = Rp7.000,-
- Masuk ruangan / kamaran = Rp7.000,- / 15 menit
- Parkir mototr = Rp2.000,-
- Parkir mobil = Rp5.000,-
- Parkir bus = Rp10.000,-

2. Telaga Menjer
Tempat Wisata Telaga Menjer adalah sebuah danau yang mana bertujuan untuk pembangkit listrik tenaga air di area desa garung. Selain itu disini juga dibuka untuk tempat wisata yang dilengkapi dengan beberapa fasilitas diantaranya:
Prahu getek
Keliling menggunakan jeep
Tempat makan
Area camping ground
Bisa untuk lokasi outbound

Alamat dari Telaga Menjer ini adalah berlokasi di desa Menjer Kecamatan Garung Kabupaten Wonosobo. Lokasinya setelah kalianget jika dari arah alun-alun kota Wonosobo. Perjalanan kemari hanya ditempuh dengan waktu sekitar 15 menit saja jika dari alun-alun Wonosobo.

Jam buka Telaga Menjer adalah 24 jam, karena anda juga bisa menikmatinya dari pinggir jalan umum. Namun ada juga loket untuk masuk kekawasan bawah telaga Menjer / untuk naik perahu

Rekomendasi waktu kunjungan kemari adalah saat siang hari karena cahaya matahari sangat membantu pencahayaan apalagi jika anda yang hobi foto-foto

Harga Tiket di Telaga Menjer sangatlah terjangkau yaitu Rp5.000,- saja. Sedangkan untuk biaya parkir cuma 2 ribu untuk motor dan 5 ribu untuk mobil

3. Kahyangan Skyline / Bukit Seroja
Kahyangan skyline adalah salah satu tempat wisata yang menyajikan keindahan telaga Menjer dari atas bukit. Dibalut dengan konsep kekinian dan beberpaa spot foto, membuat tempat wisata disini menjadi incaran bagi banyak pelancong di area Wonosobo - Dieng.

Kahyangan skyline berada di bukit Seroja desa Garung kota Wonosobo. Untuk menuju ke tempat wisata skyline ini anda akan melewati telaga menjer dahulu.

Jam buka oprasional di Kahyangan Skyline mulai dari pagi 05.00 WIB hingga sore hari 17.00. Waktu yang pas untuk berkunjung ke sini yaitu saat sunrise atau siang hari. Bagi anda yang bermalam juga disediakan camping ground.

Harga tiket masuk Skyline cukup terjangkau yaitu cuma Rp15.000,- saja. Sedangkan untuk biaya parkir cuma 2 ribu untuk motor dan 5 ribu untuk mobil

4. Kebun Teh Patean Tambi
Patean Tambi adalah salah satu tempat wisata yang berlokasi di area perkebunan teh milik Tambi. Kerjasama antara warga setempat dan investor membuat kawasan perkebunan menjadi cantik dan memiliki beberapa spot foto kekinian.

Tempat Wisata Patean Tambi berada di Tegalrejo Tambi Kecamatan Kejajar kota Wonosobo. Jika anda ingin kemari maka bisa melewatu jalur yang sama dengan pabrik tambi dan penginapan villa Tambi, karena lokasinya berada sedikit diatas pabrik / villa tambi.

Jam buka oprasional Patean Tambi yaitu pada pukul 07.00 hingga 16.30. Rekomendasi berkunjung di tempat wisata ini adalah saat siang hari agar bisa mendapatkan cahanya maksimal saat berfoto.

Harga tiket masuknya juga terjangkau hanya Rp10.000,- saja. Untuk biaya parkir motor cuma 2 ribu dan mobil 5 ribu saja.

5. Gardu Pandang Tieng
Gardu pandang merupakan salah satu rest area yang berada di pinggir jalan Wonosobo - Dieng. Selain sebagai tempat istirahat, disini juga terdapat sebuah gardu yang bisa digunakan untuk melihat pemandangan perbukitan sekitarnya.

Lokasi Gardu Pandang Tieng ini berada di desat Tieng Kejajar, Kab Wonosobo. Sangat mudah dikunjungi karena lokasinya berada di pinggir jalan utama sebelum tiba di Dieng dari arah Wonosobo.

Buka 24 jam, karena disini sebagai tempat umum untuk rest area. Rekomendasi berkunjung kesini adalah saat sunrise

Harga Tiket adalah Rp,0 alias gratis. Anda hanya perlu membayar biaya parkir saja jika pas ada yang jaga parkir disini.

6. Pintu Langit
Pintu langit adalah suatu tempat wisata baru yang rekomended untuk dikunjungi atau untuk melihat pemandangan maupun sunrise. Yang menjadi icon di tempat ini adalah memliki jempatan kaca besar yang bisa menjadi spot foto kekinian

Lokasinya berada di area Gardu Pandang Tieng / desa Tieng Kejajar Kab. Wonosobo. Jadi pintu masuk gerbang pintu langit ini berada di Gardu Pandang Tieng

Jam buka disini juga 24 jam. Rekomendasi waktu datang kemari yaitu saat pagi hari / sunrise

Harga Tiket tiket masuknya cukup terjangkau yaitu cuma Rp15.000,- saja

7. Watu Angkruk
Watu angkruk merupakan salah satu tempat wisata yang menyajikan pemandangan alam perbukitan di area Dieng Wonosobo. Di kelola dengan konsep kekinian sehingga disini banyak spot-spot foto yang pastinya seru dan cantik.

Alamat tempat wisata ini berada dekat dengan gardu pandang dan masih masuk di desa Tieng Kejajar Wonosobo

Jam buka untuk tempat wisata ini adalah pada pukul 05.00 hingga 08.00. Rekomendasi waktu berkunjungi adalah saat pagi hari saat sunrise

Harga tiket masuk di Watu Angkruk juga sangat terjangkau yaitu hanya Rp15.000,- saja

8. Maha Sky Batu Angkruk
Maha Sky Batu angkruk adalah salah satu destinasi tempat wisata yang populer di jalur Wonosobo-Dieng. Memiliki keunggulan sebagai tempat berburu sunrise / matahari terbit. Selain tempat berburu sunrise di Batu Angkruk ini juga terdapat banyak sekali spot foto kekinian dengan background alam yang cantik. Terdapat juga restoran yang dapat digunakan untuk sarapan setelah menikmati sunrise.

Lokasi tempat wisata ini berada di jalur Wonosobo-Dieng atau sebelum sampai di kawasan Diengnya. Alamatnya berada di Jl. Dieng No.Km. 22, Sidorejo, Tieng, Kec. Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354. Atau bersebelahan persis dengan Watu Angkruk.

Jam buka di tempat wisata Batu Angkruk ini adalah pada pukul 04.30 pagi hingga 19.00 malam

Rekomendasi waktu kunjungan ketempat wisata ini adalah pada pagi hari saat sunrise / matahari terbit.

Harga Tiket masuk sangat terjangkau yaitu hanya Rp15.000,- saja. sedangkan untuk parkir motor 2 ribu danparkir mobil 5 ribu.

9. Sikapuk
Sikapuk merupakan salah satu tempat wisata untuk menikmati pemandangan alam di area pegunungan Dieng. Terdapat spot-spot foto cantik untuk para wisatawan, selain itu tempat ini juga menjadi salah satu spot untuk berburu sunsrise

Lokasinya tidak jauh dari Batu Angkruk, masih berada di Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo. Jika dari batu angkruk maju sedikit lokasinya berada di kiri jalan.

Jam buka di Sikapuk yaitu pukul 05.00 pagi hingga 16.00 sore

Rekomendasi waktu kunjungan ke Bukit Awan Sikapuk adalah pada pagi hari saat matahari terbit/ sunrise

Harga Tiket ke Sikapuk ini juga sangat terjangkau yaitu sekitar Rp15.000,- saja

10. Tuk Bimolukar
Tuk bimolukar adalah mata air yang berada di dataran tinggi Dieng. Tuk / mata air ini memiliki cerita sejarah tersendiri pada jamannya. Tempat ini kini menjadi salah satu tempat wisata yang masuk pengelolaan dinas Kab. Wonosobo. Air yang segar bisa dijadikan tempat cuci muka setelah capek seharian keliling Dieng atau turun dari pendakian.

Tuk Bimolukar ini berada di Kalilembu Dieng Wonosobo

Dibuka 24 jam

Rekomendasi waktu kunjungan saat siang hari

Harga Tiket tidak ada alias gratis

11. Dieng Park
Dieng Park merupakan salah satu destinasi tempat wisata baru dan populer di dataran tinggi Dieng. Ini merupakan sebuah bukit yang di kelola menjadi destinasi wisata dengan banyak keseruan didalamnya, antara lain Hutan Salju, Tempat outbound, Tracking, Jembatan kaca, Jalur Jeep, dan yang paling utama adalah pemandangan Telaga Warna dari atas bukit ini sangat-sangat cantik.

Lokasi tempat wisata Dieng Park berada di Jl. Telaga Warna, Dieng, Kecamatan Kejajar, Wonosobo

Jam buka disini 24 jam, karena bisa juga dipakai untuk sewa lahan camping

Rekomendasi waktu kunjungan saat siang hari, untuk menikmati pemandangan T. Warna dari atas

Harga Tiket sangat murah yaitu hanya Rp15.000,- ribu saja.

12. Telaga Warna
Siapa yang tidak tau tempat wisata yang satu ini, Telaga Warna merupakan salah satu ikon di wisata Dieng. Memiliki keunikan yaitu warna air di telaga yang bisa berubah ubah diakibatkan fenomena alam. dalam satu kawasan terdapat juga Telaga pengilon, dan beberapa goa-goa didalam kawasan tersebut.

Tempat wisata Telaga Warna berada di Jl Telaga Warna Dieng Kecamatan Kejajar Wonosobo

Jam buka tempat wisata ini yaitu pukul 06.30 pagi hingga 16.00 sore

Rekomendasi waktu kunjungan saat siang hari karena cahaya bisa masuk sempurna

Harga Tiket di tempat wisata ini yaitu Rp22.000,-

13. Dieng Palteau Theater
Sering juga disebut dengan singkatan DPT. Tempat wisata ini juga masuk dalam pengelolaan dinas Wonosobo. Memberikan pengalaman untuk kepada wisatawan. karena disini para wisatawan akan diberikan informasi mengenai Dieng mulai dari sejarah, budaya, kesenian, masyarakat, dan pariwisata. Model yang di berikan yaitu seperti bioskop layar lebar berisikan film dokumenter mengenai Dieng dan isinya.

Alamat dari tempat wisata Dieng Plateau Theater ini berada Desa Dieng Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo.

Jam buka mulai pukul 07.00 hingga 18.00 sore. Rekomendasi waktu kunjungan setelah dari Telaga Warna karena lokasinya berdekatan dengan Telaga Warna/ Ratapan Angin.

Harga tiket masuk dalam retribusi kawasan Dieng yaitu Rp15.000,-

14. Batu Pandang Ratapan Angin
Bukit Batu Pandang Ratapan Angin merupakan salah satu tempat wisata yang cukup populer. Sama halnya dengan Dieng Park, disini para pengujung dapat menikmati pemandangan Telaga Warna dari atas bukit.

Lokasinya masih di desa Dieng, tepatnya berada sangat dekat dengan DPT/ Theater.

Jam buka di tempat wisata ini adalah pada pukul 06.00 pagi hingga pukul 17.30 sore. Rekomendasi waktu kunjungan ke mari saat siang / kondisi langit cerah sehingga bisa melihat pemandangan secara maksimal.

Harga tiket masuk sangat terjangkau yaitu Rp15.000,- saja diluar tiket parkir yang ada disana.

15. Kawah Sikidang
Siapa yang tidak tau tempat wisata yang satu ini? Kawah Sikidang adalah salah satu ikon pariwisata di Dieng. Sangat populer dan bisa dikatakan ini adalah tempat kunjungan wajib saat berada di Dieng. Di area ini pengujung dapat menikmati keindahan kawah dari dekat dengan batasan yang telah disediakan.

Letaknya berada di Bakal Buntu Dieng Kulon Kec. Batur Kab. Banjarnegara. jika dari telaga warna / candi hanya berjarak sekitar 1 Km saja.

Jam buka di tempat wisata ini yaitu pukul 07.00 hingga 17.00. Rekomendasi waktu kunjungan ke Kawah Sikidang yaitu pada saat cuaca cerah agar bisa mendapatkan pemandangan dan cahaya foto / video yang maksimal

Harga tiket masuk di Kawah Sikidang jadi satu dengan tiket Candi Arjuna yaitu Rp30.000,- sudah mendapatkan 2 obyek. Tiket tersebut hanya berlaku pada hari yang sama.

16. Candi Arjuna
Selain Telaga Warna - Kawah Sikidang ada salah satu ikon populer lagi di sini yaitu komplek Candi Arjuna. Banyak sekali terdapat peninggalan sejarah berupa candi kuna dengan berbagai nama di komplek ini.

Alamatnya dekat dengan Kawah Sikidang, tepatnya berada di Krangsari, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara.

Jam buka komplek Candi Arjuna pada pukul 07.00 hingga sore hari pukul 17.00. Rekomendasi waktu kunjungan saat siang atau cuaca cerah dikarenakan lokasi outdoor dan agar bisa mendapatkan cahaya maksimal untuk dokumentasi

Harga Tiket masuk digabung menjadi satu dengan Kawah Sikidang yaitu Rp30.000 mendapatkan 2 obyek wisata.

17. Padang Savana Dieng
Padang savana merupakan julukan dari suatu tempat dengan pemandangan hamparan rumbut yang sangat luas. Di padang savana ini pengunjung bisa melihat pemandangan perbukitan di sekitarnya.

Alamat nya diantara Kawah dan Candi, masih masuk di Karangsari Dieng Batur Banjarnegara

Jam buka 24 jam, rekomendasi waktu kunjungan saat siang atau saat cuaca cerah.

Harga Tiket saat ini Rp10.000,-

18. Bukit Sikunir
Bukit Sikunir merupakan salah satu tempat incaran bagi para pengunjung Dieng yang ingin melihat sunrise atau matahari terbit.

Alamat tempat wisata ini berlokasi di Sembungan, Dieng, Kejajar, Wonosobo

Jam buka 24 jam. Rekomendasi waktu kunjungan pagi hari saat sunrise / matahari terbit

Harga Tiket masuk Rp15.000,- diluar biaya parkir

19. Gunung Prau
Gunung prau merupakan spot pendakian di Dieng yang paling terkenal. Pendakian bisa detempuh hanya dengan waktu 2-3 jam saja.

Lokasi pos pendakian bisa melalui jalur Patak Banteng maupun jalur Dieng.

Jam buka 24 jam. Rekomendasi waktu pendakian Sore / malam hari agar bisa mendirikan tenda dan menikmati pemandangan sunrise dari atas gunung Prau.

Harga Tiket masuk di kawasan ini cukup Rp10.000 saja

20. Dqiano Water Park
Deqiano merupakan satu-satunya water park kolam renang air hangat yang berada di Dieng. Terdapat beberapa jenis kolam untuk berendam dewasa dan juga anak.

Alamat tempat wisata Dqiano berada sekitar 4 KM dari desa Dieng atau masuk di Zona 2 tepatnya di Krajan Kepakisan Batur Banjarnegara.

Jam buka water park ini pada pukul 08.00 hingga pukul 17.00 sore. Rekomendasi waktu kunjungan pagi atau sore hari saat kondisi tidak panas dari terik matahari

Harga Tiket masuk tempat wisata Dqiano cukup Rp25.000,- saja diluar biaya parkir

21. Sumur Jalatunda
Ini merupakan sumur alam yang besar dan dalam, pengunjung bisa menikmati sumur ini dari atas dengan batasan yang telah ditentukan

Lokasi sumur Jalatunda berada sekitar 8 Km dari pusat Dieng atau masuk di Zona 2, tepatnya berada di Sidomulyo, Pekasiran, Batur, Banjarnegara.

Jam buka tempat wisata ini adalah 17.00 hingga pukul 16.00 sore. Rekomendasi waktu kunjungan saat siang hari atau saat cuaca cerah agar bisa mendapatkan pemandangan yang maksimal.

Harga Tiket masuknya sangat terjangkau yaitu Rp10.000,- saja

22. Kawah Sileri
Kawah sileri merupakan tempat wisata yang sama dengan kawah sikidang. Pengunjung dapat melihat fenomena alam kawah secara langsung disini.

Lokasinya dekat dengan sumur Jalatunda yang masuk di Zona 2, tepatnya di Krajan Kepakisan Batur Banjarnegara

Jam buka kawah sileri ini padapukul 07.00 hinga pukul 16.00 sore. Rekomendasi waktu kunjungan yaitu saat siang hari atau saat cuaca cerah agar bisa melihat juga pemandangan perbukitan sekitar yang indah

- Harga Tiket masuknya hanya Rp10.000,- saja

23. Telaga Sewiwi
Telaga Swiwi merupakan salah satu tempat tujuan wisata di area Dieng zona 2. Disini para pengunjung dapat menikmati keindahan alam sebuah telaga alam dengan berbagai wahana permainan yang ada di sekitarnya.

Lokasi Telaga Swiwi beralamat di Saringan Kepakisan Kec Batur Banjarnegara

Jam buka saat ini adalah 24 jam. Rekomendasi waktu kunjungan adalah saat siang hari atau saat cuaca cerah

Harga Tiket masuk juga terjangkau yaitu berkisar Rp10.000,- saja

24. Telaga Merdada
Tidak jauh dari telaga Sewiwi terdapat juga telaga yang besar yaitu telaga Merdada, Disini pengunjung juga bisa menikmati pemandangan alam sekitar yaitu telaga alam dan perbukitan.

Lokasi dari Telaga Merdada masih masuk pada Dieng Zona 2. Alamat tepatnya berada di Pauan, Karangtengah, Batur, Banjarnegara.

Jam buka di disini masih 24 jam. Rekomendasi waktu kunjungan yaitu saat siang atau saat cuaca cerah untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Harga tiket berkisar Rp10.000,-

25. Kawah Candradimuka
Mirip halnya dengan kawah Sileri, di Kawah Candradimuka juga memiliki diameter tidak terlalu besar namun indah.

Alamat kawah Candradimuka ini berada di Sidomulyo Pekasiran Batur Banjarnegara.

Jam buka masih 24 jam. Rekomendasi waktu kunjungan yaitu saat siang atau saat cuaca cerah

Harga Tiket berkisar Rp10.000,- saja

26. Telaga Dringo
Salah satu tempat wisata yang cukup banyak dikunjungi untuk tempat camping yaitu area Telaga Dringo. Disini para pengujung akan bisa menikmati keindahan alam telaga dan pemandangan perbukitan di sekitarnya

Alamat Telaga Dringo berada di Sidomulyo, Pekasiran, Batur, Banjarnegara

Jam buka saat ini masih 24 jam. Rekomendasi waktu kunjungan saat siang hari atau jika ingin camping bisa datang sore harinya

Harga Tiket berkisar Rp10.000,- saja

27. Swiss Van Java
Swiss Van Java merupakan sebutan untuk suatu titik jalan umum yang berada di antara perbukitan, sehingga memiliki pemandangan yang sangat indah.

Jalan tersebut bera di Sikunang Kejajar Wonosobo, dekat dengan curug sikarim.

Jam buka sudah pasti 24 jam karena jalanan umum, Rekomendasi waktu kunjungan saat siang hari atau cuaca cerah

Harga tiket tidak ada

28. Curuk / Air Terjun Sikarim
Ini adalah air terjun yang sangat terkenal di area Dieng. Curug ini cukup tinggi sehingga bisa dinikmati juga dari jalan raya yang lokasinya cukup jauh dari air terjun Sikarim.

Lokasinya berada di Dieng Zona 2 beralamat di Sembungan Kejajar Wonosobo, Masuk pada Dieng Zona 3.

Jam buka pada pukul 07.00 pagi hingga 17.00 sore jam. Rekomendasi waktu kunjungan saat siang hari atau cuaca cerah

Harga tiket berkisar Rp10.000,- saja

29. Kebun Teh Panama
Mirip dengan Patean Tambi, Tempat wisata Panama ini merupakan kawasan perkebunan teh yang di desain kusus untuk para wisatawan. Pengunjung dapat menikmati keindahan perkebunan teh dengan berbegai spot-spot foto di area tersebut.

Alamat Kebun teh Panama berada di Tempuran, Tlogo, Garung, Wonosobo. Masuk pada Dieng Zona 3.

Jam buka pukul 08.00 pagi hingga 17.00 sore. Rekomendasi waktu kunjungan saat siang atau cuaaca cerah

Harga tiket masuk sangat terjangkau hanya Rp10.000,- saja

Demikian 29 Tempat wisata yang ada di kawasan dataran tinggi Dieng. Ada banyak sekali tujuan wisata yang berada disini, semuanya tergantung dari pilihan masing2x wisatawan. Kebanyakan obyek diarea Dieng adalah wisata alam dan sejarah.

Untuk kalian yang berjumlah rombongan dan ingin mengambil paket wisata Dieng, bisa menghubungi kami untuk mendapatkan penawaran harga terbaik.

Posting Komentar