LANGSUNG CHAT WA

Gambar padang savana dieng
Tempat Wisata
Rp15.000,-
Padang Savana adalah salah satu tempat wisata di dataran tinggi Dieng yang akhir-akhir ini mulai dikenal oleh masyarakat umum, kususnya pagi mereka yang berkunjung ke area Dieng. Meskipun tidak sepopuler tempat wisata Dieng lainnya, namun Padang Savana ini cukup meranik bagi anda yang hobi tracking. Mengapa harus jalan tracking? karena lokasi tempat wisata padang savana ini berada di tengah2x bukit pangonan seperti pada gambar di bawah ini

Foto savana dieng dari atas

Dapat terlihat jelas dalam lingkaran diatas seperti ada bibir / cekungan yang dalam. Jadi sejarah menyebutkan bahwasannya pada jaman dahulu terjadi akibat aktivitas vilkanik yang terjadi beberapa ribu tahun yang lalu. Dari aktivitas vulkanik tersebut maka terbentuklah landscape di dataran tinggi Dieng seperti Telaga Warna, Kawah Sikidang dan masih banyak lagi salah satunya adalah cekungan di gunung /bukit pangonan ini. Bisa anda bayangkan jika di tengah2x cekungan tersebut berisikan air yang sangat banyak maka ini mungkin bisa menjadi sebuah telaga raksasa.

Padang Savana Dieng sendiri memiliki arti kiasan yaitu hamparan rumput yang sangat luas. Lokasinya berada di gunung/bukit Pangonan. Pangonan sendiri memiliki arti 'Angon' atau bisa diartikan tempat untuk membawa ternak mencari makan. Jadi bisa dikatakan bahwasannya disini pada jaman dahulu adalah tempat bagi para peternak untuk membawa ternaknya mencari makanan.

Dengan perkembangan jaman dan kondisi, saat ini Padang Savana ini di kelola sebagai tempat wisata yang layak untuk dikunjungi, terutama bagi kalian yang hobi dengan perjalanan tracking / pendakian. Karena untuk menuju sampai ke hamparan padang savana Dieng ini, kalian harus berjalan kaki naik bukit kemudian turun agar bisa sampai di hamparan rumput terluas di Dieng ini.

Disini kami akan memberikan sedikit tips dan cara untuk proses menuju ke tempat ini. Mulai dari perjalanan via kendaraan menuju ke tempat parkir, hingga proses tracking jalan kaki untuk menuju ke lokasi tempat wisata Padang Savana Dieng ini.

Rute Menuju Padang Savana

Rute menuju padang savana

Jika kalian dari arah kota Wonosobo maka setelah pertigaan ini silahkan belok ke Kanan, dan ikuti jalan hingga bertemu dengan pertigaan Aswatama.

Rute menuju savana dieng

arah ke padang savana

Setelah masuk kawasan Dieng Kulon Banjarnegara dan sampai di pertigaan Aswatama silahkan belok ke kiri dan ikuti terus hingga kalian melewati Museum Kailasa yang berada di kanan jalan.

jalan menuju ke savana pangonan dieng

Dari Museum Kailasa ini masih jalan terus sekitar +- 500 meteran sampai tiba di area parkir

masuk parkiran loket savana dieng

Sebelum tempat parkir kalian akan melewati gedung SDN 2 Dieng kulon yang berada di kanan jalan

lokasi loket dan parkiran savana dieng

Pas setelah gedung sekolah SD tersebut kalian akan sampai di area parkir Tempat wisata ini.

Setelah tiba di tempat parkir area sekitar, maka kalian akan melanjutkan perjalanan tracking sesuai dengan jalur yang sudah disediakan. Ada beberapa meter jalan yang sudah di cor, namun ada juga jalan yang masih alam/ tanah terutama saat saat jalan naik. Jalan yang akan dilalui sama seperti jika kalian naik gunung namun ketinggian disini tidak terlalu extrim, bisa dikatakan jalan naik normal.

Setelah jalan naik hingga atas, maka kalian akan bertemu jalan turunan hingga sampai menuju ke padang savana tersebut. rasa lelah dalam perjalanan pastinya akan terbayarkan lunas ketika anda sudah tiba di hamparan rumput terluas di Dieng ini.

Tiketing
Biaya untuk masuk ke kawasan pada Savana ini sangatlah terjangkau yaitu cukup dengan Rp15.000,- saja / pax, sedangkan parkir berkisar 2 ribu untuk motor hingga 10 ribu untuk shuttle bus.

Rekomendasi Waktu Berkunjung
Waktu yang paling rekomended untuk berkunjung kemari adalah saat pagi-sore di musim kemarau. Karena kalian bisa merasakan secara maksimal berjalan di atas hamparan rumput tanpa harus becek bekas tergenang air hujan. Selain itu tempat wisata savana Dieng ini sangat sering dijadikan tempat untuk foto preweding.