LANGSUNG CHAT WA

Tempat Wisata Gunung Prau (Tracking, Tiket Masuk)

Gunung Prau dieng
Tempat Wisata
Rp25.000
Dieng sangat terkenal dengan keindahan alam dataran tingginya, suasana dingin dan pemandangan yang hijau menjadi tolak ukur pertama ketika kita mendengar kata Dieng Plateau. Banyak sekali perbukitan dan pegunungan mengelilingi area Desa Dieng. Salah satu pegunungan yang sangat terkenal adalah Gunung Prau atau tidak jarang orang menulisnya dengna sebutan gunung Perahu. Ini menjadi salah satu tempat wisata Dieng yang sangat populer di sini.

Tempat wisata Gunung Prau memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Kami akan sebutkan 2 hal mendasar mengapa Prau ramai dikunjungi, diantaranya:
  1. Trackingnya yang tidak terlalu tinggi dibandingkan gunung-gunung di Jawa
  2. Bisa menikmati keindahan Golden Sunrise dengan sudut pandang berbeda dari tempat lain
Kali ini kami akan mencoba mengulas tentang tempat wisata gunung Prau Dieng. Informasi ini diharapkan bisa menjadi info tambahan untuk anda para pendaki yang sedang merencanakan untuk tracking di Gunung Prau Dieng.

Lokasi G. Prau
Tempat wisata Gunung Prau merupakan salah satu gunung tertinggi di dataran tinggi Dieng. Gunung Prau ini memang menjadi primadona terutama bagi kaum muda yang sangat hobi dengan pendakian. Gunung Prau memiliki titik koordinat lokasi yang sangat strategis yaitu berada di 4 kabupaten. Jadi Gunung Prau ini berada di antara Kabupaten Wonosobo - Kabupaten Kendal - Kabupaten Batang - Kabupaten Temanggung.

Ketinggian G. Prau
Meskipun berada di tengah-tengah 4 kabupaten namun tempat wisata Gunung Prau ini lebih sering di kunjungi melalui jalur kota Wonosobo - Dieng. Ketinggian Gunung Prau ini mencapai 2.590 mdpl (meter dari permukaan laut). Meskipun terlihat tinggi namun jika kalian melakukan pendakian start dari Dieng hanya perlu menempuh waktu 2-3 jam saja, karena Dieng juga sudah termasuk dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 2.090 mdpl.

Jalur Pendakian
Berbicara mengenai jalur pendakian, untuk mendaki gunung Prau sebenarnya bisa dari beberapa titik start point diantaranya:

1. Jalur Via Patak Banteng
Basecamp Prau via Patak Banteng

Via Patak Banteng menjadi jalur paling populer dan ramai untuk melakukan start pendakian ke gunung Prau. Kalian bisa memulai perjalanan menuju ke basecamp Patak Banteng dan mulai mendaki ke atas gunung. Kalian akan melalui jalan berbatu dan juga jalan tanah seperti pendakian naik gunung pada umumnya. Kalian juga akan melewati beberapa pos sebelum sampai di puncak Gunung Perahu. Disini juga ada layanan ojek lokal dari pinggir jalan hingga batas pendakian, ini bisa menjadi solusi bagi anda yang ingin menghemat waktu tracking.

Waktu pendakian dari basecamp Patak Banteng hingga puncak G. Prau relatif tergantung siapa pesertanya, namun jika diambil rata-rata jalan normal / jalan santai maka tracking membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam - 3 jam hingga sampai puncak

2. Jalur Via Dieng
Basecamp Prau Via Dieng

Selain dari Patak Banteng, kalian juga bisa melakukan pendakian dari Dieng. Dari basecamp Dieng kalian akan melewati perkebunan warga kemudian akan melati 3 pos sebelum sampai puncak G. Perahu. Jalan yang akan dilalui juga normal sama seperti tracking naik gunung pada umumnya yaitu jalan setapak dikelilingi pepohonan.

Perjalanan jika dari Dieng ini sedikit lebih jauh dari Basecamp Patak Banteng namun tidak terlalu terjal. Jalur ini sangat cocok untuk kalian yang masih pemula belajar mendaki.

3. Jalur Via Dwarawati / Basecamp Dieng Kulon
Basecamp Prau Via Dwarawati

Hampir mirip dengan 2 jalur sebelumnya, setelah dari basecamp gunung perahu via Dwarawati / Dieng Kulon kalian akan melewati 3 pos hingga tiba di puncak. Rute yang adak dilewati dimulai dari area perkebunan warga yang kemudian akan melewati hutan.

Akses dari sini mirip dengan via Dieng, yaitu cukup landai namun tetap membutuhkan tenaga untuk melewatinya. Jalan dari basecamp menuju puncak lebih panjang namun lebih datar sehingga untuk waktu bisa jadi akan lebih lama dibandingkan dari Patak Banteng.

4. Jalur Via Wates
Basecamp Prau Via Wates

Sedikit jauh dari Dieng, tepatnya berada di desa Wates Kab. Temanggung. Ini bisa menjadi jalan alternatif bagi anda yang ingin mendaki ke gunung Perahu. Jalan disini terkenal landai dan santai, sangat cocok untuk pendaki pemula.

Akses jalan yang akan dilewati hampir mirip dengan yang lain yaitu dari basecamp via Wates kalian akan melewati beberpa pos sebelum tiba di puncak. Dalam perjalanan juga terdapat jasa ojek lokal hingga batas pendakian/ pos 1. Terdapat juga mata air yang sangat membantu kebutuhan selama berkegiatan.

Aktifitas Di Atas G. Prau
Bermacam-macam kegiatan ketika anda sudah tiba di puncak gunung Prau ini. beragam aktifitas bisa anda lakukan disini damun dengan tetap menjaga tata-tertib dan norma yang ada. Beberapa keseruan yang bisa dilakukan ketika berada di puncak Perahu diantaranya:
  1. Berburu Sunrise adalah kegiatan wajib yang biasanya para pendaki incar
  2. Camping merupakan hal paling menarik ketika berada di puncak Gunung Prahu
  3. Hunting dokumentasi juga hal yang wajib ketika berada di puncak gunung baik itu untuk foto, video, flog, youtuber, moment prewed, dan lain sebagainya
  4. Masak-masak merupakan suatu hal yang sangat istimewa selain camping. Menikmati sajian makanan hangat di suasanya yang super dingin.
Rekomendasi Waktu Pendakian
Waktu pendakian sebenarnya bisa dilakukan kapan saja menyesuaikan tujuan anda ke tempat wisata puncak Perahu mau ngapain. Namun biasanya pendakian dibagi menjadi 2 yaitu apakah mau mendirikan tinda camping atau tidak?
  • Jika tidak mendirikan tenda camping biasanya akan memulai pendakian pada dini hari 4-5 jam sebelum jam sunrise
  • Jika ingin mendirikan tenda camping biasanya akan berangkat siang / sore hari sebelum gelap
Tata-Tertib Pengunjung
Tata tertip untuk pendaki tempat wisata G. Perahu hampir mirip dengan peraturan di beberapa gunung lainnya. adapun peraturan yang perlu diketahui secara umum adalah
  1. Pengunjung wajib membayar HTM / retribusi / dilarang Masuk tanpa ijin
  2. Pengunjung pastinya dilarang membuang sampah sembarangan, bawalah sampah sampai kalian ketemu tempat sampah
  3. Pendaki dilarang membuat api unggun / kembang api / perapian2x sejenisnya yang bisa menimpulkan kebakaran
  4. Pendaki dilarang menebang pohon/ merusak aset alam apapun di area gunung Perahu
  5. Pendaki dilarang membawa senjata tajam yang lebih dari 30 cm
  6. Bagi pendaki yang sering mabuk dilarang membawa miras dan mabok di sini
  7. Dilarang melakukan aktifitas kriminal dalam bentuk apapun
  8. Memetik edelweiss/ tanaman lain yang ada di sini
  9. Jangan berzinah kawan, jangan mentang mentang dalam tenda dan udara dingin
Dan beberapa lagi peraturan tata tertib yang pastinya tidak bisa kita sebutkan semuanya disini.

Harga Retribusi Tiket
Untuk biaya retribusinya tempat wisata di gunung perahu ini sangat terjangkau, rata2x sebesar 25 ribu (jika belum ada perubahan).

Tips Pendakian G. Prau
Saatnya kami selaku biro lokal akan memberikan sedikit tips untuk anda para pendaki gunung Perahu, terkusus yang baru pertama x nya melakukan pendakian kemari.

1. Persiapkan Waktu
Penentuan waktu sangat berpengaruh dalam pendakian, hindari saat musim hujan. Carilah musih cerah/ kemarau agar perjalanan pendakian dan proses selama di puncak bisa berjalan dengan baik.

2. Pahami Dulu Akses Jalan Sampai Puncak
Banyak sekali peta pendakian dari basecamp hingga puncak gunung Prau. Kalian juga bisa lihat di youtube mengenai jalan yang akan dilalui saat tracking di tempat wisata ini. mempelajari ini sangat penting untuk mempersiapkan kebutuhan apa saja yang perlu di bawa dan yang tidak

3. Pastikan Fisik Sehat
Pastikan anda berada pada kondisi fisik yang sehat dan mampu untuk melakukan tracking pendakian. Bagi yang tidak terbiasa pendakian, kalian bisa berlatih fisik ringan dahulu di rumah beberapa hari sebelum melakukan pendakian, agar otot2x di kaget

4. Data Perlengkapan dan Logistik Jangan Sampai Kurang
Perlengkapan dan Logistik sangat penting untuk diperhatikan secara seksama, anda bisa melihat di google mengenai kebutuhan apa saja yang perlu disiapkan untuk melakukan pendakian. Contoh saja untuk kegiatan berkemah dan tidak, kebutuhan memasak dan tidak, dan lainnya. Pastikan perlengkapan dan logistik yang anda bawa sudah sejalan dengna tujuan anda ketika berada di atas tempat wisata puncak gunung Perahu Dieng

5. Jangan mendaki sendiri/ Pakai Guide Lokal
Usahakan jangan melakukan pendakian sendiri, ajak teman atau guide lokal yang bertugas terutama bagi anda yang pertama melakukan pendakian. Ini sangat membantu untuk terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan

6. Perhatikan Prinsip Dasar Pecinta Alam Dan Pendaki
Prinsip-prinsip umum pendakian perlu diketahui sebelum melakukan perjalanan ke puncak gunung Perahu. Seperti halnya menjaga etitud dengan teman serombongan, tidak bercanda berlebihan yang membahayakan keselamatan, dan lain sebagainya

Demikian sedikit infomrasi yang bisa kami berikan untuk anda mengenai tempat wisata Gunung Prau Dieng. Semoga informasi ini dapat berguna untuk persiapan yang maksimal sebelum anda melakukan tracking. Kami juga memiliki informasi mengenai tempat wisata lainnya yaitu Telaga Cebong Sembungan Dieng.

Posting Komentar