LANGSUNG CHAT WA

Tempat Wisata Telaga Cebong Dieng (Lokasi, Harga Tiket, Jam Buka)

Foto Telaga Cebong Sembungan Dieng
Tempat Wisata
Rp15.000
Telaga Cebong merupakan salah satu tempat wisata di dataran tinggi Dieng yang cukup populer. Meskipun keberadaannya sering diabaikan karena kalah pamor dengan bukit Sikunir, namun Telaga Cebong inilah yang membuat pemandangan dari puncak bukit Sikunir menjadi lebih cantik.

Yang Membuat Cantik Namun Sering Dilupakan
Jadi jika anda sedang berada di puncak bukit Sikunir Dieng sebelah sisi timur maka pemandangan golden sunrise yang akan kalian dapatkan. Namun jika kalian berada di arah barat tepatnya barat laut, kalian akan mendapati pemandangan yang sangat luar biasa cantiknya yaitu pemandangan Tempat wisata Telaga Cebong dari atas bukit. Pemandangan di sekitar tempat wisata Telaga Cebong dipenuhi dengan perbukitan dan perkebunan hijau asri diarea Dieng.

Asal Usul Nama Telaga Cebong
Cebong sendiri memiliki arti anak katak /kecebong. Cerita sejarah dari masyarakat setempat menyebutkan bahwa area tempat wisata Telaga Cebong Dieng ini memang terkenal banyak sekali katak dan anak katak. Mungkin habitat disini sangat cocok untuk perkembangbiakan katak itu sendiri. Selain itu jika dilihat dari atas memang bentuk dari tempat wisata Telaga Cebong ini dikatakan mirip dengan kecebong / cebong 'bahasa jawa lokal'.

Proses Terjadinya Telaga Cebong
Tempat wisata Telaga Cebong Dieng sendiri tebentuk karena aktivitas vulkanik pada jaman gunng Dieng purba yang meletus dan membentuk tekstur daratan seperti saat ini. Dari salah satu sumber internet juga ada yang menyebutkan bahwa dahulu Telaaga Cebong merupakan bekas kawah yang dengan berjalannya waktu dan kondisi sekitar berubah menjadi sebuah telaga hingga saat ini.

Lokasi
Tempat wisata Telaga Cebong berada persis di bawah sebelah barat bukit Sikunir. Masuk dalam kawasan desa Sembungan Kabupaten Wonosobo. Jika kalian berkunjung ke Sikunir sudah dipastikan kalian akan melewati telaga Cebong ini. Karena urutan akses jalan menuju kemari yaitu Loket masuk di depan desa Sembungan - Pemukiman warga desa Sembungan - Area perkebunan dan Telaga Cebong - Bukit Sikunir Dieng. Supaya lebih jelas kalian bisa melihatnya pada gambar perjalanan dibawah ini:

  • Kita mulai dari pintu masuk loket di depan pintu masuk desa Sembungan
jalan menuju telaga cebong

jalan menuju telaga cebong

  • Kemudian akan melewati area rumah penduduk dan homestay-homestay di pemukiman warga lokal
loket masuk telaga cebong

  • Kemudian melewati area perkebunan dan pemandangan Telaga Cebong
Pemandangan telaga cobong dari samping

pemandangan telaga cebong dari pinggir jalan

  • Akhirnya sampai di tempat parkiran di lapangan dalam yang bersebalah dengan Telaga Cebong
gambar telaga cebong dari google map

Harga Tiket
Biaya untuk menikmati keindahan alam disini juga tidak mahal, cukup dengan Rp15.000,- saja kalian sudah dapat masuk ke kawasan desa wisata Sembungan yang berisikan Telaga Cebong dan Bukit Sikunir. Biaya lain-lain seperti parkir kendaraan mulai 2-10 ribu dan juga biaya ojek lokal 15 ribu jika anda memulai start jalan dari luar desa Sembungan.

Jam Oprasional
Tempat wisata Telaga Cebong ini buka 24 jam non stop. Namun ada beberapa jam-jam penting / ramai disini yaitu saat pagi-pagi buta sekitar jam 04.00 pagi karena banyak pengunjung yang berniat untuk berburu sunrise. Selain itu ada juga waktu sore hari saat persiapan camping untuk pengunjung yang ingin membuka tenda di area tempat wisata Telaga Cebong Dieng.

Fasilitas Desa Wisata Sekitar Telaga Cebong Dieng
Yang namanya tempat wisata sudah pasti butuh dukungan dari berbagai pihak terutama kondisi area sekitar tempat wisata tersebut. Tidak terkecuali dengan Tempat wisata Telaga Cebong Dieng. Ada beberapa fasilitas pendukung aspek pariwisata disini yang membuat obyek ini semakin ramai dan tidak membuat kapok bagi para pengunjungnya.

- Homestay
Banyaknya penginapan kelas homestay disini membuat para pengunjung di area tempat wisata Telaga Cebong Sembungan Dieng semakin merasa nyaman. Banyak sekali pengunjung yang sengaja datang di siang hari untuk mencari penginapan di sekitar sini. Dengan harga kamar yang murah dan fasilitas yang diberikan oleh pengelola homestay membuat penginapan di area sekitar selalu habis terutama saat weeken dan hari libur nasional

- Warung makan
Selain penginapan, tempat makan / warung makan juga menjadi aspek pendukung di sini. Banyak rombongan yang mencari Tempat rumah makan makan dekat dengan Sikunir untuk memenuhi kebutuhan perut mereka.

- Pusat oleh-oleh dan souvenir
Selain makanan, oleh-oleh dan souvenir sekitar juga banyak tersedia di area Telaga Cebong Dieng untuk membangun kepuasan dan efisiensi bagi para pengunjung. Berbagai macam olahan lokal terdapat di area sekitar destinasi ini.

- Ojek lokal
Ojek lokal sangat berguna untuk membantu perjalanan anda dari luar desa Sembungan hingga masuk kedalam parkiran dalam / kaki bukit Sikunir. Ada beberapa faktor yang menyebabkan para pengunjung harus start dari pintu masuk desa, faktor utamanya adalah wisatawan tidak dapat parkiran di area dalam.

- Sebagai tempat camping
Fasilitas pendukung lainnya adalah tempat camping ground yang tersedia di lahan sekitar Telaga Cebong. Pengelola setempat sudah menemtukan lokasi-lokasi mana saja yang dapat digunakan untuk camping di area sekitar destinasi.

Diatas adalah beberapa hal yang perlu diketahui sebelum anda ingin berkunjung ke tempat wisata Telaga Cebong yang merupakan salah satu dari banyaknya daftar tempat wisata di Dieng. Tips liburan ke destinasi ini adalah persiapkan dengan benar terutama pakaian untuk dataran tinggi / udara dingin serta obat-obatan pribadi. Selebihnya persiapan standar untuk liburan pada umumnya.

Posting Komentar