LANGSUNG CHAT WA

Tempat Wisata Bukit Sikunir Dieng 'Spot Sunrise Terbaik'

Tempat Wisata Bukit Sikunir Dieng
Tempat Wisata
Rp15.000,-
Dataran tinggi Dieng memang tidak ada habisnya untuk urusan pariwisata. Selalu saja ada tempat wisata yang menjadi fenomenal karena memiliki keunikannya masing-masing. Salah satu tempat wisata di Dieng yang menjadi sangat fenomenal dan menjadi incaran banyak pengunjung hingga saat ini adalah Bukit Sikunir.

Bagi kalian belum mengetahui tentang tempat wisata Bukit Sikunir Dieng maka sudah tepat jika kalian membaca dahulu ringkasan tentang tempat wisata ini sebelum kalian berkunjung kemari. Disini kami selaku operator wisata lokal di Dieng akan memberikan beberapa informasi terkait destinasi tersebut mulai dari lokasi, jam buka, harga tiket, serta tips bagi kalian yang ingin mengunjungi tempat wisata Bukit Sikunir Dieng agar dapat mempersiapkan segala kebutuhannya dengan nyaman.

Tentang Bukit Sikunir Dieng

Seperti yang telah kami singgung pada jugul artikel, bahwasannya tempat wisata ini merupakan spot terbaik untuk melihat sunrise/ matahari terbit. Karena keindahannya pemandangan matahari terbitnya di tempat ini juga dijuluki sebagai spot berburu GOLDEN SUNRISE.

Agar para pengunjung bisa tiba di titik puncak bukit Sikunir Dieng, maka pengunjung perlu berjalan kaki sekitar 500 - 800 meter dari area parkir hingga puncak. Dari kedua jarak tersebut bisa diketahui bahwa spot pertama berjarak +- 500 meter setelah perkiran lapangan dan spot kedua atau puncak berjarak +- 800 meter dari parkiran lapangan.

Selain mendapatkan pemandangan golden sunrise, dari puncak bukit kalian juga bisa melihat pemandangan telaga cebong dari atas.

Bagi yang penasaran seperti apa rute dan medan yang harus dilalui untuk menuju ke tempat wisata Bukit Sikunir Dieng ini maka bisa kalian lihat pada gambar yang akan kami berikan dibawah ini.

Lokasi Bukit Sikunir Sembungan Dieng
Bukit sikunir sendiri berlokasi di desa Sembungan (Desa Tertinggi di Jawa Tengah), Kejejar, Dieng, Wonosobo. Dari kota Wonosobo berjarak sekitar 35 Km, lebih detailnya mari kita lihat bersama foto jalur menuju ke Bukit Sikunir yang Terbaru dibawah ini.

Rute ke Tempat Wisata Sikunir
Dimulai dari gapura masuk desa Sembungan Dieng, anda akan melewati area parkir bagian luar kemudian melewati loket tiket masuk. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan melewati area pemukiman, dan selanjutnya area perkebunan dan juga melewati Telaga Cebong hingga bertemu lapangan yang menjadi area parkir bagian dalam. Dari Gapura masuk Sembungan hingga parkir area dalam berjarak sekitar 1 km. Gambaran perjalan bisa anda lihat pada foto-foto dibawah ini:

Gapura desa Sembungan

Desa tertinggi di jawa

Lapangan parkir luar sikunir

loket masuk sikunir

jalan di desa sembungan sikunir

pemandangan menuju sikunir

telaga cebong sikunir

parkiran dalam di sikunir

Jalur Pendakian Jalan Kaki

Jalur pendakian ke Puncak Sikunir dapat ditempuh dengan waktu sekitar 25 menit saja jika tidak padat pengujung. Anda akan melewati jalan setapak paving di area bawah yang juga dipenuhi dengan pusat belanja oleh-oleh dan souvenir. Setelah itu anda akan melewati jalur berbatu yang telah di tata sedemikian rupa oleh pihak pengurus. Disisi kiri akan ada pembatas jalan yang bisa membantu keselamatan saat proses pendakian. Pendakian disini mirip dengan jalur menuju ke pada savana Dieng karena di sepanjang perjalanan akan banyak sekali pemandangan hijau dan asri.

Akan ada 2 tempat / post pemberhentian untuk menikmati sunrise, berada di tengah2x bukit dan yang satu lagi berada di atas puncak bukit Sikunir. Sebagai gambaran lokasi kami telah bagikan gambarannya seperti dibawah ini:

parkiran lapangan dalam sikunir

oleh-oleh si dikunir

souvenir di jalur pendakian

jalan setapak pendakian sikunir

jalan pendakian bukit sikunir

tangga pendakian puncak

rute pendakian ke puncak sikunir

mushola di jalur pendakian sikunir

kamar mandi umum di jalur pendakian

jalur tangga berbatu

gardu puncak bukit sikunir

Jam Oprasional
Bukit Sikunir dibukan 24 jam, namun seperti yang telah diketahui bersama bahwa tempat ini memiliki keistimewaansebagai tempat wisata untuk melihat sunrise / matahari terbit, sehingga otomatis waktu yang paling rekomended yaitu saat dini hari sekitar pukul 03.00 / 04.00 pagi.

Apabila cuaca mendukung maka para pengunjung dapat juga melihat beberpa pegunungan lainnya dari atas Bukit Sikunir ini diantaranya Gunung Prau, Sindoro, Merbabu, Sumbing, Merapi, Lawu, dan gunung Slamet.

Harga Tiket Masuk
Harga tiket di tempat wisata bukit Sikunir Dieng sangatlah terjangkau hanya Rp15.000,- saja sudah bisa masuk dan melihat keindahan alam disini. Sedangkan untuk biaya parkir mulai dari 3 ribu untuk motor hingga 10 ribu untuk shuttle bus.

Tips Berburu Sunrise di Bukit Sikunir Dieng
Persiapan Waktu
Mempersiapan waktu kunjungan ke bukit Sikunir sangat berpengaruh dengan penentuan waktu yang tepat agar bisa mendapatkan pemandangan golden sunrise yang maksimal. Menurut beberapa pengalaman di tahun-tahun sebelumnya, bahwasannya pemandangan terbaik di atas bukit ini adalah saat musim kemarau. Disaat cuaca cerah tidak berkabut disitulah kalian bisa mendapatkan pemandangan yang sangat luar biasa. Kalian akan berasa berada diatas awan saat melihat pemandangan terbitnya matahari.

Penentuan hari juga berpengaruh dengan kenyamanan di tempat wisata bukit sikunir ini. Weekday antara senin-jumat biasanya pengunjung disini ternbilang ramai normal. Namun jika kalian berkunjung saat weekend hari sabtu pagi - minggu pagi sudah dipastikan tempat wisata ini sangat padat oleh pengunjung. Bahkan karena padatnya pengunjung disini mengakibatkan waktu pendakian yang biasanya 25 menit bisa menjadi 30 menit bahkan lebih karena terlalu banyak yang mengantri untuk jalan ke atas bukit.

Persiapan Perlengkapan
Selain mempersiapkan waktu, ada beberapa hal lain yang perlu dipersiapkan untuk mendapatkan kenyamanan saat berlibur. Diketahui lokasi ini adalah lokasi dataran tinggi dan waktu kunjungan pada dini hari.

Sudah pasti suasana saat kunjungan ke tempat wisata Bukit Sikunir Dieng ini sangatlah dingin. Oleh sebab itu, ada beberapa perlelngkapan yang wajib dibawa saat melakukan pendakian ke Bukit Sikunir.
- Senter
- Jaket
- Kupluk
- Sarung tangan
- Sepatu
- Air minum
- Alat Sholat bagi yang membutuhkannya

Selain barang bawaan, pastikan kondisi fisik anda sehat dan bisa melewati tracking seperti pada gambar yang sudah kita jabarkan diatas tadi.

Posting Komentar