LANGSUNG CHAT WA

Tempat Wisata Telaga Warna Dieng

Tempat Wisata Telaga Warna Dieng
Tempat Wisata
Rp22.000
Telaga Warna merupakan salah satu icon populer destinasi tempat wisata Dieng. Bisa juga dikatakan Telaga Warna adalah tempat wisata yang wajib dikunjungi. Ada yang bilang jika belum ke Telaga Warna berarti belum pernah pergi ke Dieng.

Pada kesempatan kali ini kami selaku operator wisata lokal di Dieng akan memberikan informasi lebih lanjut tentang tempat wisata ini. Mulai dari profil singkat, sejarah, lokasi dan rute, jam buka, serta harga tiket masuknya. Langsung saja kita akan mulai dari yang pertama adalah profil tempat wisata Telaga Warna.

Tentang Telaga Warna

Telaga Warna adalah sebuah tempat wisata alam yang terletak di daerah Puncak Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia. Tempat wisata ini memiliki keunikan yaitu warna air danau yang sering berubah-ubah pada waktu tertentu, warna yang sering dikeluarkan adalah hijau, biru, merah, dan ungu. Warna-warna ini berasal dari efek alami yang disebabkan oleh endapan mineral di danau ditambah juga pengaruh pantulan cahaya matahari.

Tempat Wisata Telaga Warna Dieng

Kawasan ini dikelilingi oleh pepohonan yang asri. Di dalam kawasan tempat wisata ini terdapat juga beberapa spot wisata lain diantaranya Telaga Pengilon, Goa Semar, Goa Sumur, Goa Jaran, Goa Pengantin. Jadi bisa dikatakan dengan mengunjungi 1 tempat wisata populer, anda juga akan menjadapatkan beberapa bonus tambahan tempat wisata di sekitarnya.

Goa goa di Telaga Warna Dieng

Poin
- Memiliki keunikan yaitu warna air yang bisa berubah-ubah
- 1 Kawasan ada juga destinasi lain bisa sebagai bonus pengunjung

Sejarah Telaga Warna

Faktor geologi dan geokimia di area pegunungan Dieng merupakan salah satu aspek yang mempengaruhi sejarah terbentuknya Telaga Warna. Ada beberapa sudut pandang dari berbagai aspek yang berkaitan dengan sejarah tempat wisata ini. Adapaun diantaranya adalah:

Sejarah Telaga Warna Dieng

  1. Aspek Gelologi dataran tinggi Dieng adalah kawasan vulkanik yang masih aktif, terbukti dengan adanya beberapa kawah dan mata air panas di sini. Dengan kata lain adanya danau ini berasal dari letusan gunung pada jaman dahulu.
  2. Aspek kandungan mineral yang berasal dari mata air dan mengalir ke Telaga Warna membawa berbagai mineral, seperti belerang, sulfur, dan logam-logam lainnya. Adanya mineral itu salah satu yang menyebabkan warna disini dapat berubah2x, tentunya dengan adanya pantulan dari cahaya matahari.
  3. Aspek lingkungan seperti cuaca, suhu, dan pencahayaan matahari juga memengaruhi perubahan warna air. kecerahan sinar matahari akan berpengaruh terhadap serapan cahaya matahari yang akan berpengaruh dengan warna yang dihasilkan.
  4. Aspek cerita rakyat yang memiliki beberapa kisah bagaimana awal mula terbentuknya Telaga Warna ini. Ada yang berasal dari hukuman bagi putri raja yang terlalu sombong dan akngkuh. Ada juga yang diakibatkan oleh tetesan air mata yang tidak ada hentinya. Ada juga yang berasal dari pakaian selendang dewi yang jatuh dan mengakibatkan warna selendang menjadi luntur di dalam danau.
Lokasi dan Rute
Tempat wisata Telaga Warna beralamat di Jl.Telaga Warna, Dieng Wetan, Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah. Untuk menuju kemari sangat mudah karena sudah terdaftar di google map dengan koordinat seperti dibawah ini:



Jika dilihat di dalam peta diatas lokasi Telaga Warna berada di pinggir jalan utama, jadi sangat mudah untuk menuju kesana. Jika anda dari arah kota Wonosobo dan sudah tiba di pertigaan Dieng maka silahkan belok ke kiri.

Rute menuju Telaga Warna

Dari pertigaan untuk menuju ke parkiran destinasi itu sangat dekat hanya sekitar 500 meteran saja. Sebelum sampai di tujuan, anda akan melewati Homestay Boemi Dieng - Pusat Oleh-oleh Boemi Dieng - loket retribusi Dieng - RM. Boemi Dieng - Dieng Park kemudian baru tiba di parkiran Telaga Warna.

Jam Buka
Tempat wisata ini memiliki ketentuan jam buka yaitu pada pukul 07.00 - hingga pukul 16.00. Biasanya destinasi ini dukunjungi setelah dari spot sunrise - makan pagi atau setelah dari destinasi Dieng Theater.

Harga Tiket Telaga Warna

Untuk menikmati destinasi ini para pengunjung perlu mengeluarkan biaya tiket sebesar Rp22.000,- saja. Harga yang sangat sepadan dengan pengalaman yang akan anda dapatkan selama berada di kawasan Telaga Warna.

Demikian rincian kami untuk tempat wisata Telaga Warna Dieng yang sangat populer dan menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi saat berada disini.

Opsi lain
Jaman dahulu untuk menikmati keindahan Telaga Warna harus masuk kedalam kawasan. Namun dengan seiringnya waktu saat ini anda dapat melihat pemandangan disini serta mendapatkan hasil background foto yang lebih indah yaitu dari atas Tempat Wisata Dieng Park.

Posting Komentar